Tuesday, July 8, 2008

Computer Networking History

Dari sejarah yang saya baca dan pahami, Jaringan Komputer terjadi awal mula pada tahun 1940-an. Ada penelitian di Amerika yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersamaan. Di tahun 1950-an, ketika jenis komputer mulai membesar, sama terciptanya super komputer. Karena harganya cukup mahal, maka ada tuntutan sebuah komputer harus mampu melayani beberapa terminal. Dari sinilah maka tercipta konsep distribusi berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TTS ( Time Sharing System ), bentuk pertama kali jaringan ( network ) komputer diaplikasikan. Pada system TTS beberapa terminal terhubung secara strike di sebuah host komputer.

Selanjutnya, konsep ini berkembang menjadi proses distribusi ( Distributed Processing ). Dalam prose ini, beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara parallel untu melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri di setiap host.

ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan juga konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringan sudah mulai beragam, dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer ( Peer to Peer ) saja tanpa melalui komputer pusat ( server ). Dari situ, mulailah berkembang jaringan lokal yang biasa disebut LAN ( Local Area Network ). Demikian pula ketika Internet mulai berkembang, LAN yang berdiri sendiri tersebut, bisa saling di hubungkan menjadi satu jaringan menggunakan metode yang lebih dikenal dengan WAN ( Wide Area Network ).

No comments: